Headlines News :

Ads google

Program Umrah 9 dan 13 Hari PT. Maharani Tours

Program Umrah 9 dan 13 Hari PT. Maharani Tours
Jl. Gn. Bawakaraeng No. 111E (Depan SPBU Terong) Telp. 0411-420600 WA 085395591962 Makassar

Propellerads

PropellerAds
Home » , , » Brimob dan Marinir Melaksanakan Pembersihan Pasca Banjir di Masamba.

Brimob dan Marinir Melaksanakan Pembersihan Pasca Banjir di Masamba.

Written By komando plus on Sabtu, 18 Juli 2020 | 02.25.00


LUTRA - KOMANDOPLUS : Sebagai aplikasi dari motto pengabdian Brimob "Jiwa ragaku demi Kemanusiaan", Tim SAR Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Sulsel bersama unsur Personel Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan VI TNI AL membersihkan rumah warga dan jalan yang dipenuhi lumpur dan potongan kayu akibat banjir di Kelurahan Bone, Kecamatan Masamba, Kabupaten Luwu Utara (Lutra) Kamis (17/07/2020).

Tampak Para personel Brimob dan Marinir tersebut bersinergi untuk mengeruk dan menyingkirkan lumpur bahkan material lainnya dari dalam rumah warga. Mereka juga membantu menormalisasi jalanan yang tertimbun lumpur dan sampah di daerah terdampak banjir bandang.

Seluruh personel yang terlibat selanjutnya diperintahkan menyisir rumah warga guna membantu mengevakuasi barang termasuk membersihkan sisa lumpur yang masuk ke rumah warga.

Saat dikonfirmasi Komandan Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Sulsel AKBP Darminto mengemukakan pihaknya menurunkan sebanyak 23 Personel yang merupakan Unit SAR Batalyon A Pelopor serta 1 unit Mobil Dapur Lapangan.

"Untuk Kegiatan Bhakti Brimob di Masamba kali ini kami menerjunkan 23 personel termasuk Kendaraan Dapur Lapangan, dan akan bersinergi dengan personel TNI, pihak BPBD dan intansi pemerintah Kabupaten Luwu Utara," ujarnya.

Perwira berpangkat melati dua ini menegaskan kegiatan ini pihaknya akan melakukan pembersihan secara bertahap hingga material yang menutupi badan jalan maupun rumah warga bersih.

"ini merupakan wujud nyata Bhakti Brimob untuk masyarakat, pembersihan akan dilaksanakan secara bertahap sehingga lumpur dan potongan - potongan kayu sisa banjir yang menutupi jalan dan rumah-rumah warga dibersihkan," tegasnya.

Darminto menambahkan, langkah-langkah yang dilakukan Tim SAR Batalyon A Pelopor diantaranya, melakukan pembersihan pemukiman warga dan fasilitas umum bersama bersama Tim gabungan dalam membersihkan titik lokasi kerusakan dampak banjir bandang, serta pengadaan kendaraan Dapur Lapangan yang akan memberikan pasokan makanan setiap harinya.

"Nanti di sana Tim SAR Batalyon A Pelopor akan membersihkan rumah-rumah warga, fasilitas umum seperti pasar, pusat-pusat pertokoan, sekolah dan ruas-ruas jalan yang masih tetutupi lumpur. Bukan hanya itu kami juga menyiapkan mesin penghisap air untuk menguras sumur-sumur warga sehingga dapat dipergunakan lagi untuk memenuhi kebutuhan air bersih, ini adalah wujud bhakti brimob kepada masyarakat," tandas Darminto.

Di tempat terpisah, Dansat Brimob Polda Sulsel Kombes Pol Muhammad Anis menyampaikan kegiatan Bhakti Brimob kali ini bersinergi dengan personel Yonmarhanlan VI Makassar, nantinya kita akan melaksanakan kegiatan Bhakti Sosial pembersihan rumah warga serta fasilitas umum seperti pasar, pusat pertokoan dan jalan yang merupakan akses bagi warga.

Bukan hanya itu tim gabungan juga akan membagikan sembako serta pakaian bekas layak pakai untuk diberikan kepada masyarakat yang terkena dampak banjir bandang ini.

"Kita juga akan menyiapkan makanan untuk korban banjir bandang dengan mengoperasikan mobil dapur lapangan yang kita miliki. Jadi nanti saya minta seluruh personel TNI Polri menunjukkan sinergitasnya," ungkap Muhammad Anis

"Ini semua merupakan wujud Bhakti Brimob untuk masyarakat, Bhakti Marinir untuk masyarakat, Bhakti TNI Polri untuk masyarakat yang akan selalu kita tunjukkan kepada masyarakat bahwa dalam situasi apapun TNI Polri akan selalu hadir untuk masyarakat," pungkas Muhammad Anis. (Umar Patek)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Design Editor by Iskandar
Copyright © 2014. Komandoplus - Media Cyber - Email: redaksikomandonews@gmail.com
_____________