Headlines News :

Ads google

Program Umrah 9 dan 13 Hari PT. Maharani Tours

Program Umrah 9 dan 13 Hari PT. Maharani Tours
Jl. Gn. Bawakaraeng No. 111E (Depan SPBU Terong) Telp. 0411-420600 WA 085395591962 Makassar

Propellerads

PropellerAds
Home » , , » ASPEK Indonesia: "Perusahaan Jangan Aji Mumpung, Memanfaatkan Wabah Covid19 Untuk PHK"

ASPEK Indonesia: "Perusahaan Jangan Aji Mumpung, Memanfaatkan Wabah Covid19 Untuk PHK"

Written By komando plus on Sabtu, 18 April 2020 | 09.28.00

Presiden ASPEK Indonesia, Mirah Sumirat SE (kanan) dan
Presiden KSPI, Said Iqbal (kiri).
JAKARTA - KOMANDOPLUS : Merebaknya wabah Corona dari Cina yang disebut dengan Corona Virus Desease-19 (Covid-19) secara global dan kini telah memasuki Indonesia menimbulkan keresahan dan kecemasan oleh semua kalangan. Bahkan perekonomian nasional pun ikut terdampak oleh Covid-19 tersebut sehingga banyak perusahaan yang terpaksa gulung tikar.

Namun dibalik Covid-19 terdapat sinyalemen adanya perusahaan yang memanfaatkan kondisi ini dengan melakukan pemutusan hubungan kerja secara sepihak dan tanpa pesangon kepada pekerjanya.

Menyikapi kondisi tersebut, kalangan serikat pekerja mengecam sikap perusahaan yang dinilai mengambil kesempatan di dalam kesempitan. Salah satunya yakni Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia (ASPEK Indonesia).

Melalui press releasenya tertanggal 16 April yang ditanda tangani oleh Dewan Pimpinan Pusat ASPEK Indonesia, Mirah Sumirat SE, dan Sekjen Sabda Pranawa Djati SH yang diterima redaksi mengecam banyaknya perusahaan yang memanfaatkan wabah corona untuk melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) massal, secara sepihak dan mengabaikan hak-hak normatif pekerjanya. Dengan alasan mengalami kerugian karena terdampak corona, banyak perusahaan yang melakukan "aji mumpung" untuk tidak memenuhi hak pekerjanya.

Pemerintah seharusnya sejak awal sudah proaktif dan tegas dalam melakukan fungsi pengawasan dan penegakan Undang Undang Ketenagakerjaan di semua perusahaan. Demikian disampaikan Mirah Sumirat, SE, Presiden ASPEK Indonesia dalam keterangan pers tertulisnya (17/04/2020).

ASPEK Indonesia menerima banyak laporan dan pengaduan, adanya sikap "aji mumpung" yang dilakukan oleh manajemen perusahaan, antara lain:

1. Aji mumpung melakukan PHK sepihak, massal dan hanya membayar pesangon ala kadarnya bahkan tanpa mau membayar pesangon. Padahal hak pesangon adalah hak pekerja yang dilindungi oleh UU Ketenagakerjaan.

Jangan seolah-olah, kerugian yang dialami perusahaan dalam 1-2 bulan terakhir ini, kemudian mengaburkan fakta bahwa sebelum adanya wabah corona, perusahaan sesungguhnya sudah beroperasi sangat lama dan telah menghasilkan keuntungan atau laba perusahaan. Terdampaknya omset perusahaan selama wabah corona, tidak bisa dijadikan alasan untuk tidak membayarkan hak pesangon pekerjanya. Keuntungan perusahaan selama ini harusnya bisa untuk membayar hak pesangon pekerja.

2. Aji mumpung tidak mau membayar tunjangan hari raya (THR), padahal THR adalah pendapatan non upah yang merupakan hak pekerja, dihitung dari masa kerjanya yang sudah lebih dari 1 bulan. THR bukan tergantung dari omset bulanan perusahaan.

Apakah keuntungan perusahaan yang selama bertahun-tahun sudah didapat perusahaan, juga raib ditelan virus corona? Ini modus pengusaha yang memanfaatkan wabah.

3. Memaksa pekerja untuk mempertaruhkan nyawanya demi keuntungan perusahaan, dengan tetap bekerja di tengah wabah corona, tanpa memberikan Alat Pelindung Diri ( APD) dan tanpa instentif khusus. Namun ketika harus meliburkan pekerjanya demi mencegah penyebaran virus dan karena adanya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), perusahaan langsung memotong upah bahkan tidak mau membayar upah!

ASPEK Indonesia mendesak para pengusaha untuk berempati kepada pekerjanya dengan tidak melakukan PHK dan ikhlas membagi keuntungan perusahaan untuk pekerjanya agar bisa tetap membeli kebutuhan pokok di tengah wabah, tegas Mirah.

Pemerintah juga harus proaktif dan jangan berpihak kepada kepentingan pengusaha, apalagi pengusaha yang "aji mumpung", pungkas Mirah. (red)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Design Editor by Iskandar
Copyright © 2014. Komandoplus - Media Cyber - Email: redaksikomandonews@gmail.com
_____________