Headlines News :

Ads google

Program Umrah 9 dan 13 Hari PT. Maharani Tours

Program Umrah 9 dan 13 Hari PT. Maharani Tours
Jl. Gn. Bawakaraeng No. 111E (Depan SPBU Terong) Telp. 0411-420600 WA 085395591962 Makassar

Propellerads

PropellerAds
Home » , » Mubazir, Thermoscanner Pelabuhan Makassar

Mubazir, Thermoscanner Pelabuhan Makassar

Written By Mr.iskan on Rabu, 25 Juni 2014 | 13.01.00

Nirwan M.Kes
MAKASSAR – KOMANDOPLUS : Kondisi thermoscanner pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar cukup memprihatinkan. Pasalnya, selain alat tersebut saat ini tidak digunakan sebagaimana peruntukannya bagi pelabuhan internasional, juga alat pendeteksi suhu tubuh manusia untuk pencehagan virus mers bernilai milyaran rupiah itu cuma disimpan digudang dalam keadaan dibiarkan rusak sehingga terkesan mubazir.  

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar melalui Kabid Pengendalian Karantina, Nirwan M.Kes, yang ditemui di kantornya, Rabu (25/6/2014), membenarkan bahwa alat thermoscanner tersebut mengalami kerusakan sudah sekitar dua tahun. 

“Alat itu pernah digunakan disini waktu ada kapal pesiar. Dan juga alat itu pernah digunakan di Menado waktu ada even disana, namun sejak itu sudah tidak bisa digunakan lagi. Sekarang alat itu mengalami kendala tekhnis,” ujar Nirwan. 

Nirwan menambahkan, tidak digunakannya alat tersebut karena infrared-nya (baca: sinar infra merah) tidak berfungsi. Dan juga sudah tidak ada lagi kapal pesiar asal Arab Saudi yang masuk ke pelabuhan Makassar. 

Thermoscaner
 “Alat itu kita akan pasang kalau ada kapal pesiar masuk. Penggunaannya juga, harus ada petunjuk dari pusat untuk menghindari timbulnya kepanikan yang berlebihan dari masyarakat jika alat tersebut terus-terusan dipasang,” pungkasnya. 

Sebaliknya, di Bandar Udara Hasanuddin Makassar, alat yang sama thermoscanner pendeteksi suhu tubuh manusia tetap terpasang di pintu kedatangan penumpang untuk mendeteksi penumpang yang berpotensi mengidap virus jenis mers. (isk)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Design Editor by Iskandar
Copyright © 2014. Komandoplus - Media Cyber - Email: redaksikomandonews@gmail.com
_____________