Headlines News :

Ads google

Program Umrah 9 dan 13 Hari PT. Maharani Tours

Program Umrah 9 dan 13 Hari PT. Maharani Tours
Jl. Gn. Bawakaraeng No. 111E (Depan SPBU Terong) Telp. 0411-420600 WA 085395591962 Makassar

Propellerads

PropellerAds
Home » , , , , » Komisi II DPRD Kukuhkan MPIG Kopi Sinjai

Komisi II DPRD Kukuhkan MPIG Kopi Sinjai

Written By komando plus on Jumat, 09 Maret 2018 | 19.23.00

Suasana rapat kerja sertifikasi indikasi geografis (IG)
Komisi II DPRD Sinjai
SINJAI - KOMANDOPLUS : Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sinjai menggelar rapat kerja terkait sertifikasi indikasi geografis (IG) terhadap hasil produksi pertanian dan perkebunan unggulan di ruang rapat DPRD, Kamis (08/03/2018).

Rapat tersebut dipimpin oleh Ketua Komisi II, H. Abd. Salam Dg Bali, didampingi Sekretaris Komisi II, Hj. Fitrawati Andi Fajar, beserta anggota Komisi II lainya, dan diikuti Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan, Hj. Marwatiah, bersama Staf, Kabag Hukum dan HAM Setdakab Sinjai, Lukman Dahlan, Ketua MPIG Bawakaraeng, Ilham, Ketua Yapensa Ikhsan S, Direktur Kopi Borong Syamsul Bahri, dan Wakil Pimpinan Kopi Borong Asia, Rasyid.

Rapat itu dilaksanakan sebagai upaya untuk mendapatkan sertifikasi atas produk unggulan Kabupaten Sinjai, dan salah satunya adalah tanaman Kopi. Dengan adanya Sertifikat Indikasi Geografis ini, akan memberikan perlindungan atas kekhasan atas suatu produk unggulan daerah yang di harapkan dapat mempertahankan nilai jual suatu produk unggulan tersebut.

Ikut dalam rapat, Kabag Hukum Setdakab Sinjai, Lukman Dahlan, mengungkapkan, apapun yang dilakukan ini merupakan langkah maju dan dirinya siap mendukung langkah tersebut.

"Kami dari lembaga hukum siap memfasilitasi apalagi sudah ada dukungan APBD," ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan, Hj. Marwatiah, mengungkapkan bahwa kegiatan ini sebagai lanjutan upaya peningkatan hasil produksi unggulan karena dari data produksi menggambarkan bahwa produk masih perlu dijaga dan terus ditingkatkan.

"Berdasarkan dari data kami, kualitas produk kita haruslah dijaga, dan dengan sertifikasi ini, hal itu mungkin dapat kita lakukan. Hanya saja hal ini masih perlu kita koordinasikan dengan berbagai pihak," ungkapnya dalam rapat.

Olehnya itu, Ketua Komisi II DPRD Sinjai, H. Abd Salam Dg Bali, berharap agar mutu hasil dan cara pemeliharaan produk harus tetap dijaga, serta meminta kepada Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan pertanian agar terus menjalin komunikasi dengan pihak-pihak yang berkompeten dalam upaya-upaya peningkatan tersebut.

"Saya berharap Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Sinjai tetap menjalin komunikasi, dan berdiskusi dalam upaya peningkatan dan pemeliharaan produksi kualitas bersama Yapensa, khusunya untuk tanaman kopi kita ini," harapnya.

Dari rapat kerja tersebut disimpulkan, bahwa agar pengukuhan Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis (MPIG) Kopi Sinjai, segera dilaksanakan, sembari pihak Dinas TPHP terus melakukan komunikasi dengan pihak-pihak terkait sebagai upaya percepatan mendapat sertifikasi tersebut. (*)
Laporan: Sambar.
Editor: Iskandar.
____________________

Alamat Redaksi: Markas Kodim 1408/BS Lt. 2 Jl. Lanto Dg. Pasewang No. 14 Telp. (0411) 854127 - 854424 Hotline 081342377788 - 085355426133 Makassar Sulsel. Wartawan komandoplus.com dibekali dengan kartu pers yang masih berlaku disertai Surat Tugas.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Design Editor by Iskandar
Copyright © 2014. Komandoplus - Media Cyber - Email: redaksikomandonews@gmail.com
_____________